Bahaya Penyakit Difteri dan Cara Mengatasinya

Bahaya Penyakit Difteri dan Cara Mengatasinya – Penyakit difteri saat ini sedang mewabah di Indonesia dan menurut laporan dan pemberitaan yang ada sudah memakan korban nyawa . Lalu seberapa bahaya penyakit ini dan apa gejalanya, serta bagaimana cara mengobatinya?

Bahaya Penyakit Difteri dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari alodokter.com ,Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa.

Menurut World Health Organization (WHO), tercatat ada 7.097 kasus difteri yang dilaporkan di seluruh dunia pada tahun 2016.

Di antara angka tersebut, Indonesia turut menyumbang 342 kasus. Sejak tahun 2011, kejadian luar biasa (KLB) untuk kasus difteri menjadi masalah di Indonesia.

Berikut gejala-gejala penyakit difteri yang dikutip dari Halosehat.

1. Peradangan pada selaput hidung dan tenggorokan
Peradangan ini akan diawali dengan serak demam dan hidung berair. Untuk mengetahuinya, Anda harus diperiksa ke dokter karena sangat sulit melihatnya dengan kasat mata.

2. Demam tinggi
Orang yang terkena penyakit difteri sering merasakan demam tinggi pada tubuhnya. Jika demam tak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter.

3. Hidung berair
Hidung berair di sini bukan berarti flu, tapi hidung orang yang terjangkit difteri sering mengeluarkan cairan menjijikan.

4. Nyeri saat menelan
Difteri menyerang bagian faring sehingga menyebabkan nyeri di tenggorokan saat menelan makanan.

5. Sulit bernapas
Difteri membuat korbannya kesulitan bernapas karena ada selaput yang menutupi bagian belakang tenggorokan. Akibatnya banyak orang yang meninggal karena kondisi ini.

6. Selaput berwarna putih abu-abu
Orang yang terjangkit difteri biasanya memiliki selaput berwarna putih abu-abu di dinding belakang tenggorokan yang menghalangi jalannya pernapasan.

7. Bengkak pada leher
Jika mengalami bengkak pada leher, kemungkinan besar penyakitnya sudah ganas dan harus segera ditangani.

Cara mencegah penyakit difteri adalah dengan imunisasi sejak dini, jadi jangan terlewatkan 1 kali saja, segera bawa anak anda untuk di berikan vaksin dpt. Jika anda ingin menggunakan pengobatan alternatif, kami juga menyarankan dengan pengobatan menggunakan obat qnc jelly gamat yang terbuat dari gamat emas. Qnc jelly gamat dapat membantu pengobatan penyakit difteri secara alami dan aman, untuk info lebih lengkap silahkan klik qnc jelly gamat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *